UJI PUBLIK PEMBELAJARAN ALQUR’AN

Patut selayaknya mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT, hari Sabtu, 9 Februari 2019 Alhamdulillah, SMP Al Ikhlash Lumajang bisa melaksanakan kegiatan Khataman dan Uji Publik Al Quran metode Ummi angkatan ketiga. Untuk kesempatan kali ini, dari siswa yang mengikuti ujian demi ujian Al Quran, berhasil lulus 79 siswa yang kemudian menjalani kegiatan Imtihan baik tartil maupun tahfidz yang kemudian mengikuti prosesi uji publik.

Kegiatan Khataman dan uji publik ini adalah bentuk tanggung jawab sekolah atas pelaksanaan kegiatan pembelajaran Quran dengan menggunakan metode Ummi. Setelah siswa-siswa yang selesai menempuh ketuntasan jilid, mereka diuji melalui kegiatan Munaqosah, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Imtihan untuk uji publik. Demikian sambutan koordinator Al Quran.

Kegiatan uji publik ini diawali dengan prosesi khataman, siswa membacakan surah dari An-Naas sampai At-Takatsur. Para tamu undangan dan wali murid bisa menyimak, meski tidak begitu mendalami ilmu Qur’an, cukup dengan mendengarkan akan bisa mengetahui perbedaan bacaan yang dilantunkan. Setelah itu, para siswa menunjukkan pembelajaran Gharib, yaitu cara membaca ayat di beberapa tempat Al Qur’an yang mempunyai hukum bacaan secara khusus. Setiap ayat yang dibaca, siswa menguraikan hukum bacaan yang terdapat pada ayat tersebut serta disebutkan ayat, surah dan juznya.

Setelah prosesi khataman, dilanjutkan dengan kegiatan uji publik. Para hadirin dan wali murid dipersilahkan untuk memberikan pertanyaan terkait dengan bacaan Quran. Mereka bisa memilih siswa perorangan ataupun semua peserta. Meski dengan sedikit grogi karena sedang diuji oleh hadirin, alhamdulillah semua peserta mampu menjawab dengan cekatan hukum bacaan serta bacaan yang benar pada ayat yang dipilih oleh para hadirin. Bukan hanya peserta saja yang deg-degan, hadirin terutama orang tua peserta ikut berdebar juga.

Selanjutnya prosesi Imtihan selesai, dilanjutkan dengan penyerahan syahadah atau sertifikat metode Ummi, sebagai tanda sudah lulus pembelajaran Quran metode Ummi. Tetapi meski sudah lulus, kewajiban untuk selalu mengulang-ulang bacaan harus terus dilakukan.Semoga mereka menjadi generasi Quran yang akan selalu bersama Quran di setiap saat. Menjadi keluarga Quran dan menginspirasi yang lain untuk lebih mencintai dan bersama Al Quran.

ikhlash

ikhlash

Leave a Replay

About Me

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.

Recent Posts

Follow Us

Weekly Tutorial